Bruce Swedien, Teknisi Studio Michael Jackson Meninggal Dunia

Bruce Swedien, teknisi studio yang membantu mendefinisikan lagu-lagu Michael Jackson meninggal diumur 86 tahun.

Anak perempuannya, Roberta mengatakan Bruce meninggal ketika tidur hari senin malam. Belum ada laporan penyebab pasti meninggalnya.

Dalam laman Facebooknya, Roberta menulis “ Ayahku, Bruce Swedien, Meninggal dengan tenang kemarin malam, 16 November. Diumur 86 tahun. Seorang legenda di dunia industri musik selama lebih dari 65 tahun dan 5 kali mendapatkan penghargaan Grammy, dia dikenal dengan karya-karyanya bersama Quincy Jones, Michael Jackson, dan banyak lagi.”

“Dia memiliki umur yang panjang dengan penuh cinta, musik yang bagus, perahu besar, dan pernikahan yang indah. Kami akan merayakan kehidupannya itu. Dia dicintai oleh semua orang. Beristirahtlah dengan tenag ayah tercinta. Kami akan selalu mencintaimu selamanya, Bea dan Roberta

Swedien telah dikagumi oleh berbagai generasi produser musik, termasuk Jones, yang telah bekerja sama dengannya pada album Off the Wall, Thriller, dan Bad milik Michael Jackson. Jones telah memberikan penghormatan terakhirnya pada Swedien di Instagram pribadinya, dia menyebut Swedien sebagai “Sonic Genius”

Swedien lahir di Minnepolis pada tahun 1934. Kedua orang tuanya merupakan musisi klasik, dan Swedien memberikan memuji antusiasme mereka terhadap musik yang membuat “kesan permanen” padanya.

Setelah mempelajari teknik elektro dan musik di University if Minnesota, Swedien dan keluarganya pindah ke Chicago tahun 1958, dimana ia mulai melakukan rekaman dengan musisi-musisi jazz termasuk Duke Ellington dan Sarah Vaughan. Dalam salah satu tulisannya Swedien menulis bahwa dia telah bekerja dengan berbagai artis dan musisi yang bertalenta tetapi tidak ada yang bisa dibandingkan dengan Duke Ellington tentang betapa murni cintanya terhadap apa yang ia lakukan.

Swedien juga pernah bekerja dengan Paul McCartney, Diana Ross, Mick Jagger, Barbra Streisand, Jennifer Lopez, Roberta Flack dan masih banyak lagi.  (RR/POS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *