Konser 1 Tahun Memperingati Ambon City of Music

Ambon sebagai Kota Musik ditetapkan oleh UNESCO pada 2019 tahun lalu. Diusianya yang genap satu tahun ini, Pemerintah Kota Ambon mengadakan pagelaran musik virtual bertajuk Ambon City of Music.

“Sudah satu tahun kota ini di tetapkan sebagai City of Music oleh UNESCO. Untuk memperingati hal tersebut kami menginisiasi acara konser musik secara virtual. Sehingga dapat menjangkau audience yang lebih luas,” kata Richard Louhenapessy, Walikota Ambon pada keterangannya yang dihimpun pers.

Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Ambon untuk menjaga komitmen dan citra yang telah dibangun oleh Kota Ambon sebagai kota kreatif musik dunia.

Terdapat live musik yang diisi oleh musisi-musisi lokal, launching kurikulum muatan lokal pendidikan yang berbasis musik pada tingkat SD dan SMP, serta peluncuran program pariwisata bertama musik yang akan ada dalam agenda konser virtual ini.

Pemerintah Kota Ambon juga memberikan apresiasi pada insan-insan kreatif di Ambon yang berjasa dalam kemajuan industri musik di Ambon. Selain industri musik Pemerintah Kota Ambon juga merangkul desainer lokal untuk mempopulerkan batik Ambon.

Richard berpesan kepada pelaku industri musik khususnya di Ambon untuk selalu menjaga keunikan dan identitas diri yang menjadikan musik sebagai representative masyarakat di Kota Ambon.

Wishnutama Kusubandio selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi positif terselenggaranya konser virtual Colorful Ambon City of Music. Suatu kebanggaan Kota Ambon menjadi satu-satunya Kota Musik di Asia Tenggara yang ditetapkan oleh UNESCO sehingga patut untuk terus dipertahankan.

Wishnutama berharap melalui Ambon City of Music ini masyarakat dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam bermusik serta memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Sementara, Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Ari Juliano Gema mengatakan, salah satu yang membuat UNESCO yakin menetapkan Ambon sebagai City of Music adalah karena Ambon menjadikan budaya sebagai pilar dalam bermusik.

“Ambon memiliki semua aspek dalam budaya musik. Banyak musisi asal Ambon yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Selain itu, ciri khas musik tradisionalnya mendukung kota Ambon sebagai kota kreatif musik dunia,” kata Ari. (POS/RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *